PENGENALAN CLOUD COMPUTING SEBAGAI TEKNOLOGI PENUNJANG PELAKSANAAN ADMINISTRASI APARATUR DESA DI DESA NAMO SIALANG KABUPATEN LANGKAT

Zulham Zulham, Ibnu Rusydi, Muhammad Iqbal

Abstract


Kemajuan teknologi informasi yang terus menerus menuntut kita agar selalu memanfaatkan kemajuan tersebut guna mendukung pekerjaan dalam berbagai aspek kehidupan. Saat ini teknologi informasi yang sangat dominan digunakan orang untuk keperluan yang konsumtif sehingga pemanfaatannya belum mengarah kepada hal-hal yang positif. Dengan adanya pengetahuan yang mumpuni diharapkan masyarakat khususnya masyarakat yang melayani warga di daerah pedesaan. Dimana masyarakat disuguhkan berbagai fitur-fitur yang di smartphone mereka. Masyarakat menggunakan smartphone hanya untuk media sosial dan keperluan yang konsumtif lainnya. Padahal dengan kemajuan teknologi itu bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file-file di awan (cloud) yang bisa membantu pekerjaan – pekerjaan khususnya aparatur desa dalam melayani warga desa..
Pengabdian yang akan dilaksanakan di Desa Namo Sialang Kab. Langkat berupa pengenalan cloud computing guna menunjang pelaksanaan administrasi di Desa Namo Sialang Kab Langkat.
Adapun output yang ditargetkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa peningkatan pemahaman aparatur desa dengan harapan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat desa. Dengan begitu masyarakat bisa lebih terlayani dalam pengurusan segala bentuk di Desa Namo Sialang Kab. Langkat.
Kata Kunci : Cloud Computing, Teknologi Informasi, Administrasi Desa




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i0.336

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index