PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK REMAJA DI MASYARAKAT KELURAHN PAYA GELI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Sandra Lufita Adisti, Maria Ulfa Batoebara

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Peran Komunikasi Antar Pribadi Orangtua Dalam Memberikan Bimbingan Pendidikan Seks Pada Anak Remaja Di Masyarakat Kelurahan Paya Geli Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Bimbingan pendidikan seks selalu dianggap tabu, tetapi orangtua harus memberikan bimbingan pendidikan seks kepada anak sebagai pengarah terhadap anak, agar tidak terjerumus kedalam hal yang negatif, serta dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan untuk melindungi dirinya dari orang lain, yang tentu dalam penyampaiaannya pun juga diperlukan cara yang strategis, yakni komunikasi secara tatap muka atau di sebut komunikasi antar personal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antar pribadi orangtua berperan atau tidak dalam memberikan bimbingan pendidikan seks pada anak remaja. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Komunikasi antar pribadi orangtua di RT 14 sudah cukup berperan dalam memberikan bimbingan pendidikan seks pada anak remaja. Para orangtua yang memiliki anak remaja di RT 14 sudah banyak yang mengerti mengenai sex education yang wajib diberikan kepada anak remaja, melihat peristiwa negatif yang sudah banyak terjadi di sekeliling RT 14, para orangtua lebih berhati-hati menjaga, merawat dan memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif yang berhubungan dengan seksual. Kata Kunci : Pendidikan Seks, Remaja, Orangtua, Komunikasi


Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sandra Lufita Adisti, Maria Ulfa Batoebara



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index