PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENCIPTAKAN HARMONISASI MAHASISWA FAKULTAS SOSPOL TINGKAT I UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Kiki Aprina, Erni Suryani

Abstract


ABSTRAK
Lingkungan pertemanan di kampus, komunikasi juga menjadi hal penting yang dapat menjadi penentu dalam keberhasilah berteman.Mahasiswa yang mengalami kesulitan berkomunikasi antar teman sebaya akan mengalami kesulitan untuk dapat menyesuaikan diri dengan teman sebayanya dan lingkungannya. Apabila kemampuan komunikasi dengan teman sebayanya terhambat itu dapat menyebabkan terhambatnya pemenuhan tugas perkembangannya dan mengganggu perkembangannya.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan titik fokus penelitian ini adalah pada observasi dan suasana alamiah (naturalistic setting)data analisis dengan teknik pendekatan deskriptif kualitatif.Mahasiswa Universitas Dharmawangsa memiliki ke efektifitasan dalam berkomunikasi dengan baik dan bagus, kemudia mampu saling terbuka, serta memiliki sikap yang empati terhadap sesama teman nya. Kemudian untuk lebih diharapkan lagi Mahasiswa mampu mengikuti segala kegiatan kampus selain diluar jam pembelajaran.Perlu nya diadakan seperti Kegiatan diluar jam belajar seperti kegiatan OUT BOND yaitu kegiatan dengan tujuan memberikan kekompakan sehingga kedetakan diri lebih terjalin. Disamping itu untuk para Mahasiswa khususnya tingkat I (Satu) agar lebih aktif lagi dalam mengikuti organisasi kampus misalnya.
Kata Kunci : Peranan, Komunikasi Antar Pribadi, Harmonisasi


Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kiki Aprina, Erni Suryani



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index