EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Dimas Fadilla Nasution, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Abstract


ABSTRAK Komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan manusia.Komunikasi terjadi dalam hubungan antara pengirim dengan penerima. Komunikasi dapat mengalir dalam satu arah dan berakhir di sana. Atau sebuah pesan dapat menimbulkan respon (yang secara formal dikenal dengan sebutan “umpan balik”) dari penerima. Pengirim (sumber pesan) merupakan pihak yang mengawali komunikasi. Begitupun dalam suatu organisasi, komunikasi menjadi kunci utama dalam proses pertukaran informasi antar bagian dalam suatu organisasi. Sehingga perlu membangun komunikasi yang baik agar dapat tercipta hubungan yang harmonis dengan orang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Efetivitas Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, dan dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Komunikasi yang terjadi di Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah efektif dalam meningkatkan kinerja pegawai, dilihat dari seorang pimpinan yang mempunyai cara untuk berkomunikasi dan menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan kerjanya. Disiplin kerja menjadi topic yang utama didalam dunia pekerjaan. Tidak terkecuali di Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Setelah ada perbaruan sistem absen online, sudah meminimalisir kasus tersebut (datang terlambat, kelaur saat jam kerja, pulang kerja sebelum waktunya). Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Disiplin, Kinerja, Pegawai


Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dimas Fadilla Nasution, Muya Syaroh Iwanda Lubis



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index