KONVERGENSI KOMUNIKASI DALAM IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA KABUPATEN SAMOSIR

Cut Alma Nuraflah, Karyaman Sinaga

Abstract


ABSTRAK
Untuk menjadi destinasi wisata yang menjadi pilihan wisatawan, maka diperlukan analisis kebijakan pengembangan pariwisata dalam perspektif komunikasi yang benar-benar dapat membangun destinasi wisata Kabupaten Samosir.Maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakonvergensi komunikasi dalam implementasi pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Samosir.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Samosir, Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Samosir dan Tokoh Masyarakat Kota Samosir. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan pemerintah kota sebagai Nahkoda dalam pengembangan destinasi wisata Kabupaten Samosir seharusnya memberi jalan keberhasilan pada pengembangan destinasi wisata Kabupaten Samosir, namun dilihat dari prinsip kolaboratif konvergen, komunikasi konvergensi yang dilakukan para pelaku pengembangan destinasi wisata Kabupaten Samosir belumterjadi secara seimbang, padahal seharusnya para pelaku komunikasi dalam pengembangan destinasi wisata memiliki peran yang sama-sama penting selama proses pengembangan berlangsung. Karena pada model konvergen, masing-masing pelakupengembangan merupakan partisipan (pihak-pihak yang berpartisipasi), oleh karena itu, konvergen komunikasi cukup efektif untuk dikembangkan dalam implementasi pengembangan desitasi wisata di Kabupaten Samosir.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.847

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 2281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Cut Alma Nuraflah, Karyaman Sinaga



Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index