HAGEMONI DAN KOMPETISI GLOBAL DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Tonna Balya

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sedemikian cepat sehingga mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Disadari atas produk teknologi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan masyarakat, misal handphone sudah menjadi barang yang pokok dan wajib selalu ada.

       Semakin pesat dan berkembangnya teknologi yang mengarah kepada informasi dan komunikasi, membuat setiap orang, setiap perusahaan, unit kerja memperluas jangkau informasi dan teknologi dengan alat-alat dan inovasi yang canggih dan serbah mewah. Hal ini tentunya membawa persaingan bagi setiap indiviudu, perusahaan maupun dunia pekerjaan.

Hal ini tentunya memicu Hagemoni dan kompetisi global di kalangan manusia maupun dunia dalam menunjukkan teknologi informasi dan komunikasi yang mereka miliki dalam memudahkan mereka mengakses berita atau informasi apapun di dunia.  Di mana akan muncul rasa Hagemoni dikalangan pimpinan serta pengaruh kepemimpinan, dominasi, kekuasaan, dan sebagainya suatu negara atas negara lain (atau negara bagian), ditambah dalam mennunjukkan  dalam menunjukkan kompetisi di era teknologi informasi dan komunikasi.

Kompetisi di era Teknologi Informasi dan Komunikasi, membuat masyarakat biasa hingga pemimpinpun berlomba-lomba memberikan pengetahuan dan pangsa pasar yang besar bagi masyarakat untuk memilih dan ikut serta di dalamnya.

Kata kunci:Hagemoni, Kompetisi Global, Teknologi Informasi, Komunikasi




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1409

Article Metrics

Abstract view : 589 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 598 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tonna Balya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index