Upaya Pengawas Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis
Abstract
Tulisan ini menjelaskan tentang upaya yang dilakukan pengawas dalam meningkatkan kemampuan professional guru melalui supervisi klinis. Belum berfungsinya supervisi klinis secara optimal pada Madrasah Ibtidaiyah (Ml) di Kabupaten Langkat, mendorong peneliti untuk mengungkap permasalahan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pelaksaanaan supervise klinis pengawas madrasah terhadap guru-guru. Pendekatan dalam penilitian ini adalah naturalistik kualitatif (Bogdan dan Biklen, 1982), Kegiatan supervise klinis yang dilakukan pengawas dapat membantu guru untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran yang berdampak positif terhadap kemampuan kinerja guru.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v3i1.99
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 564 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Almufida
Almufida Indexed by:
Member Of :
ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id
JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.