POLA BIMBINGAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB YPAC MEDAN

Zamakhsyari Zamakhsyari, Suhendri Suhendri, Muhammad Syahrul

Abstract


Temuan dalam peneliti ini ada tiga, yaitu: (1) perencanaan bimbingan guru untuk menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus dibuat berdasarkan karakteristik, kondisi nyata yang dimiliki peserta didik dan didokumentasikan berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian dan silabus; (2) pelaksanaan bimbingan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus yaitu dengan melakukan tiga kegiatan yaitu, kegiatan awal, inti dan penutup. Pelaksanaan kegiatan bimbingan dilakukan dengan beragam strategi, metode, media, dan alat pembelajaran; (3) evaluasi bimbingan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak berkebutuhan khusus dilakukan secara bertahap dan berjenjang, dari evaluasi harian, bulanan sampai dengan evaluasi semester. Bentuk evaluasi guru dapat dilakukan dengan teknik lisan maupun tertulis. Penilaian tersebut mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Keywords


Bimbingan, Percaya Diri, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Al-Uqshari, Yusuf. (2001). Percaya Diri Pasti, Percaya Diri Pasti. Penerjemah Abdul Hayyi Al-Kattani dan Noor Cholis Hamzai. Mesir: Darul-Lathaaif

Amin, Samsul Munir. (2015). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah

Azam, Ulul. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah. Yogyakarta: CV. Budi Utama

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, (Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak). Jakarta: Rineka Cipta

Fitriya, Anita. (2017). Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Islam. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. I

Ghufron, Nur dan Rini R S. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hadist, Abdul. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis. Bandung: Alfabeta

Hallen, A. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching

Hakim, Thursan. (2005) Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara

Jannah, Miftakhul dan Ira Darmawanti. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dan Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia

Somantri, T Sutijhati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Pt. Refika Aditama

Suhendri. (2017). Manajemen Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kota Medan. Jurnal Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa. Vol. I

Quran In Word. Q.S Al-Baqarah

Winkel, W.s. (1989). Bimbingan dan konseling di sekolah menengah. Jakarta: gramedia.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v4i1.665

Article Metrics

Abstract view : 344 times
PDF – 797 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

  

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.